Flashback Arrestor

flashback arrestor

Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai salah satu bagian dari rangkaian instalasi hydrinntana,
yaitu flashback arrestor.

Sebetulnya alat ini sudah tidak asing lagi, dan bahkan sudah umum di gunakan dalam bidang pengelasan,
kegunaan flashback arrestor sendiri adalah untuk menahan arus balik atau nyala api agar tidak langsung merembet ke jalur suplai, sehingga alat ini di harapkan dapat menjadi pengaman untuk mencegah kerusakan alat juga mencegah terjadinya ledakan.

Kemudian, kenapa dalam instalasi hydrintana terdapat flashback arrestor ?

Bukan tanpa alasan, dalam rangkaian instalasi hydrinntana terdapat flashback arrestor.
di karenakan hydrinntana sendiri menghasilkan oxyhydrogen yang mudah merangsang nyala api, yang di khawatirkan apabila tanpa memakai alat ajaib ini, nyala api atau percikan api akan merembet ke tabung reaktor.

Maka untuk mencegah kerusakan alat dan utamanya untuk keamanan pengguna hydrinntana itu sendiri, di tanamkanlah flashback arrestor dalam rangkaian instalasi hydrinntana. Karena flashback arrestor sendiri mempunyai fungsi sebagai penahan arus balik, atau nyala api sehingga oxyhydrogen yang beraksi dan mengasilkan nyala api atau percikan api ketika terjadi pembakaran dalam ruang bakar mesin kendaran, tidak langsung merembet ke tabung reaktor.

Berikut pengujian terhadap flashback arrestor yang ada dalam rangkaian instalasi hydrinnta.

Si alat ajaib flashback arrestor ini walaupun ukurannya kecil namun memberikan manfaat yang cukup besar. Maka dengan adanya flashback arrestor dalam rangkaian instalasi hidrynntana membuat hydrinntana itu sendiri aman untuk digunakan, benar benar aman untuk di gunakan dan di terapkan di kendaraan bermotor. Hehehe . . .

Berikut model lain dari flashback arrestor yang digunakan dalam bidang pengelasan, yang saya comot dari mbah youtube, untuk sekedar pengetahuan bagaimana flashback arrestor bekerja.

Terimakasih,
Semoga bermanfaat.  ^,^

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑